Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat

Sembutopia adalah platform digital yang diluncurkan pada bulan November 2017 oleh Bapak Kafi Kurnia.

Visinya sederhana yaitu beliau ingin menampilkan sebuah media yang dapat memberikan manfaat untuk melakukan kegiatan komunitas seperti:

  • Edukasi
  • Inspirasi.
  • Motivasi di self-healing (pengobatan diri sendiri) atau juga pemberdayaan kesehatan nasional.


Apa itu Sembutopia?
Apa itu Sembutopia - Healthy Asian People
Kehadiran sembutopia ini didasari oleh keprihatinan bagi kita selaku warga negara Indonesia bahwa prestasi Indonesia dalam manajemen kesehatan masih tertinggal sangat jauh dari negara-negara tetangga.

Dalam laporan Human Development Report 2016 yang dikeluarkan oleh UNDP (United Nations Development Programme).

Menyebutkan bahwa di bidang kesehatan Indonesia berada di peringkat 113.

Coba, Kamu bayangkan jika Indonesia dibandingkan dengan Singapore (peringkat 5), Hongkong (peringkat 12) dan Malaysia (peringkat 59).

Sembutopia Merumuskan 5 Pilar Pokok Untuk Program Edukasi dan Motivasi

  1. Hope (dibutuhkan harapan untuk sembuh)
  2. Heal (upaya penyembuhan)
  3. Habitat (lingkungan yang sehat)
  4. Health (kondisi sehat yang optimum)
  5. Happiness (tingkat kebahagiaan setelah pencapaian kondisi optimal)
Penjelasan dari Bapak Kafi Kurnia, menyatakan bahwa orang Indonesia itu susah diajak sehat, tapi ketika sakit mereka menjadi sangat termotivasi untuk sembuh. Karena itu lahirlah sembutopia. kata itu bisa jadi berasal dari kata "sembuh".

Tujuannya adalah sembutopia ingin mengajak para blogger Indonesia untuk memenuhi jagat maya dengan konten gaya hidup sehat yang selama ini belum dikenal oleh masyarakat Indonesia. 

Sembutopia juga ingin memenuhi media sosial dan dunia maya berisi dengan konten yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat, mengkampanyekan pentingnya kesehatan melalui konsep self-healing berupa memaksimalkan kemampuan diri kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Coba Kamu bayangkan jika Kamu menjadi sebuah sepeda motor. 

Tangki bahan bakar menjadi kosong setelah Kamu tidur sepanjang malam.Oleh karena itu, sarapan sebagai bahan bakar yang membuat Kamu dapat mengerjakan berbagai aktivitas sehari-hari.

Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat
Lomba Gaya Hidup Sehat Bersama Sembutopia

Sarapan seringkali dilewatkan oleh masyarakat. Tetapi, sarapan memiliki peran yang sangat penting, untuk kesehatan tubuh dan energi.

Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat
Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat - Dutch Baby Pancake
Bagi orang dewasa, sarapan secara teratur dengan pola makanan sehat setiap pagi, lebih baik untuk mengonsumsi terutama terhadap makanan yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol.

Sedangkan sarapan sehat secara setiap hari bagi anak-anak mampu melengkapi kebutuhan nutrisi harian mereka, menjaga berat badan yang ideal, berkonsentrasi di masa-masa sekolah mereka akan lebih baik, hingga membuat anak jarang tertinggal pelajaran di sekolah.

Di Indonesia, budaya sarapan tergolong cukup rendah terlebih jika dibandingkan negara lainnya. Masyarakat Indonesia lebih cenderung memilih untuk melewatkan sarapan disebabkan berbagai macam alasan.

Mulai dari tidak ada waktu untuk sarapan, kurangnya restoran yang buka di bawah jam 10 pagi, hingga sampai malas sarapan karena terburu-buru.

Pentingnya sarapan merupakan makanan yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini, yang mendorong organisasi kesehatan asal Indonesia.

Sembutopia mempromosikan makan pagi yang sehat dengan keseimbangan kalori dan nutrisi. Dan juga untuk merayakan World Health Day 2018, yang jatuh pada tanggal 7 April kemarin.

Manfaat Sarapan


1. Melindungi Tubuh Kita dari Penyakit

Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat

Menurut sebuah studi, kandungan kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan selama 2 minggu meningkat jika dibandingkan wanita yang mengonsumsi semangkuk sereal biji-bijian miliki banyak kaya serat dengan susu. 

Manfaat serat itu mengikat kolesterol dan lebih cepat dibuang keluar dari tubuh.

Bahkan menurut penelitian, asupan serat yang tinggi mampu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50% dan membantu mengeluarkan kelebihan estrogen.

Sebab, kandungan estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

2. Mampu Meningkatkan Kemampuan Otak

Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat

Menurut suatu penelitian, siswa yang menyempatkan waktunya untuk sarapan rata-rata memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan mengingat.

Saat kita bangun pagi, tenaga kita  telah habis digunakan untuk beraktivitas di hari yang lalu.

Namun, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak. Tanpa adanya glukosa, Kamu pasti timbul perasaan rasa lelah dan sulit berkonsentrasi.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Saat tidak ada makanan dalam tubuh kita, kalori dibakar secara perlahan-lahan untuk menghemat energi.

Makan pagi sebagai masalah awal dalam proses metabolisme (proses yang terjadi dalam tubuh kita) dan maka pembakaran kalori menjadi lebih efisien selama sepanjang hari.

Kita disarankan untuk tidak memakan karbohidrat dalam jumlah sedikit karena dapat membuat gula darah naik dan turun dengan cepat.

Kamu pun merasa lapar kembali pada jam 11 siang dan muncul keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan.

Maka, kita seharusnya memakan karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti dari biji-bijian utuh yang kaya serat dan rendah gula.

Karena makanan yang kita makan akan dicerna secara perlahan oleh tubuh kita, makanan itu memberi tenaga yang membuat kita tetap merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk mengemil.

4. Memberi Nutrisi yang Diperlukan Oleh Tubuh Kita

Memberi Nutrisi yang Diperlukan Oleh Tubuh Kita
Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat - Nutrisi

Tidak sarapan ini membuat jumlah harian kita kaya vitamin dan nutrisi sulit untuk diperoleh tubuh. Sarapan yaitu makanan yang paling sehat dan orang terbiasa dengan sarapan memiliki pola makan sehat secara keseluruhan.

Menu sarapan juga tidak boleh asal.

Sarapan yang sehat kaya serat (sereal gandum utuh), protein (ayam, daging tanpa lemak, selai kacang, ikan dan telur rebus), keju atau susu yang rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

Menggabungkan antara karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak itu bermanfaat bagi kesehatan kita dan membuat kita kenyang selama berjam-jam.

Tips Memilih Menu Sarapan Sehat yang Dapat Kamu Coba

Terdapat 8 pilihan menu sarapan sehat yang dapat Kamu coba. Antara lain:
  • 1 butir telur rebus dan 1 buah pisang.
  • Telur dadar dapat disatukan dengan sayuran dan roti.
  • Jus pisang dicampur dengan susu yang rendah lemak dan 1 lembar roti.
  • Oatmeal juga dapat dicampur oleh susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan.
  • Sereal biji-bijian dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan.
  • Yoghurt rendah lemak dicampur buah-buahan.
  • Susu coklat, selembar roti, dan buah-buahan.
  • Jus buah dicampur yoghurt rendah lemak.
Menu sarapan pagi yang sehat untuk anak sekolah cocok bagi usia 6-12 tahun untuk memenuh nutrisi mereka selama aktivitas belajar di sekolah diantaranya:
  • Roti, telur mata sapi, sayuran dan susu.
  • Nasi goreng, telur dadar, sayuran.
  • Bubur ayam dan pisang.
  • Lontong sayur, telur dan buah-buahan.
  • Nasi uduk, ayam goreng dan buah-buahan.
  • Mie goreng, dicampur telur dan buah-buahan.
Jika memilih 8 pilihan menu sarapan yang bergizi dan juga sehat, saya lebih menyukai satu butir telur rebu, satu buah pisang atau telur dadar dicampur dengan sayuran.

Nah, Dimanakah favorit menu sarapan sehat kamu? Apakah kamu sudah punya menu sarapan sehat selain ini? Jika ada, kamu bisa memberikan pendapat kamu disini ya ^_^

Kesimpulan

Memang patangan untuk sarapan pagi yang sehat karena banyak manfaat yang terdalam didalamnya, benar sekali pepatah bilang "Hidup yang sehat itu datang dari lingkungan sehat".

Jadi jangan lupa sarapan supaya kita bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari.

Ayo Mari Sembuhkan Indonesia bersama-sama dan ubah pola Gaya Hidup tak sehat kita menjadi Gaya Hidup Sehat bagi kesehatan kita karena sehat itu mahal harganya.

Sekian dari postingan saya tentang Mari Kita Hidupkan Gaya Hidup Sehat.

Jika ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian komentar dibawah kesalahan tersebut agar saya dapat memperbaikinya dan jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, Sekian terima kasih sudah berkunjung.

referensi: